Sabtu, 15 April 2017

Radix Pak Haji dengan Halban

Tidak ketinggalan tumbuhan herbal yang satu ini , turut menyetai dalam cita rasa Radix Pak Haji, membuat sedap dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Halban (Vitex pubescan)
Klasifikasi ilmiah Laban Tileng
Vitex pubescens Vahl. Nama umum
Indonesia: Laban tileng, kalapapa
Klasifikasi
Kingdom                  : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom           : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi            : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                        : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                         : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas                : Asteridae
Ordo                          : Lamiales
Famili                        : Verbenaceae
Genus                        : Vitex
Spesies                      : Vitex pubescens Vahl.
Kerabat Dekat        : Joho Lawe, Alaban Tanah, Legundi, Gupasa, Lagundi

Diskripsi Pohon Halban.

Pohon Halban berukuran sedang hingga besar dan dapat mencapai tinggi hingga 40 meter. Batangnya biasanya tanpa banir dan diameternya dapat mencapai 130 cm, beralur dalam dan jelas, kayunya padat dan berwarna kepucatan. Kayunya tergolong sedang hingga berat, kuat, tahan lama dan tidak mengandung silika. Kayu basah beraroma seperti kulit.

Daun bersilangan dengan atau tanpa bulu halus pada sisi bawahnya. Susunan bunga terminal, merupakan bunga berkelamin ganda, dimana helai kelopaknya bersatu pada bagian dasar membentuk mangkuk kecil, sedang helai mahkotanya bersatu pada bagian dasar yang bercuping 5 tidak teratur. Mahkota putih keunguan, terdapat tangkai dan kepala sari di dalam rongga mahkota, bakal buah di atas dasar bunga (superior). Buah berdaging, bulat hingga lonjong, dengan diameter 5-12 mm yang saat masak berwarna ungu tua. Terdapat 1 – 4 biji dalam setiap buahnya. (Halban)

Persebaran dan habitat Pohon Halban.
Pohon Halban  (Vitex pubescens Vahl) yang merupakan flora identitas provinsi Gorontalo, tumbuh tersebar secara alami di Sulawesi, Maluku, Papua Nugini, Kepulauan Bismarck, dan Pulau Solomon.
Habitat pohon Halban ini adalah hutan di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl. Halban (Vitex pubescens Vahl) tumbuh baik pada tanah berkapur dengan tekstur mulai lempung hingga pasir. Dijumpai di daerah dengan musim basah dan kering yang nyata. Pada musim kemarau, pohon Halban menggugurkan daunnya. (Halban)

Beberapa Manfaat Pohon Halban

Pemanfaatan Akar Pohon Halban.
Akar kayu halban dicampur dalam ramuan jamu untuk mencairkan darah. Sebab itu khasiat akar kayu halban sering dikaitkan untuk melancar perjalanan darah, membersih kekotoran dalam tubuh badan, awet muda dan menguatkan tenaga zahir dan batin. Air rebusan akar Halban tidak boleh diminum berlebihan kerana dikhuatiri meraban tebin (kata orang Perak) macam kambin. Akar halban dapat dijadikan ramuan selepas bersalin, sakit badan, awet muda, antioksidan, mencairkan darah dan dapat melegakan batuk

Manfaat Daun Pohon Halban :
Daun halban digunakan untuk mengobati luka, kudis dan demam. Bagi mengobati luka daun di remas di telapak tangan dan disapu pada luka. Untuk mengobati demam, daun ditumbuk dan dituang pada kepala dan badan. Daunnya yang berwarna merah kehitaman seperti daun lemuning direbus dan dimakan sebagai lauk untuk membuang angin dalam tubuh. Air rebusan kulit halban juga sesuai untuk mengeringkan luka, sekaligus mempercepat proses penyembuhan

Ternyata khasiat pohon Halban terdapat dalam kopi radix. 

Kopi Radix dipasarkan dalam pelbagai jenis bungkusan untuk memudahkan pengguna membeli mengikut keperluan iaitu Kopi Radix Jumbo (32 sachet), Kopi Radix Kecil (15 sachet), dan Kopi Radix Papan (20 sachet).

Kelebihan Kopi Radix :
  • Mengurangkan sakit sendi dan pinggang
  • menghilangkan rasa demam panas
  • dapat mencegah ketumbuhan otak (Kajian Dr Azizah Hamid, UPM 2000)
  • Radix sesuai untuk masalah wanita
  • Sesuai untuk pesakit kencing manis dan darah tinggi
  • Kopi Radix untuk tenaga
http://radixsinergi.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top